Ketika kita sedang belajar pasti merasakan yang namanya bosan, karena topik yang dipelajari tidak menarik dengan minat kita. Kita jangan membiasakan kebosanan ini menjadi kebiasaan yang buruk karena tentunya akan berdampak yang negatif, apalagi jika kita sendiri tidak bisa memotivasi diri sendiri untuk belajar.

Dalam belajar, motivasi pada diri sendiri memiliki peran yang sangat penting, loh. Karena di saat kamu memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu, kamu pasti akan melakukan dengan sungguh-sungguh.

Begitu pun dengan belajar, kalau kita memiliki motivasi yang kuat untuk belajar, kita pasti memiliki semangat belajar yang kuat pula. Sehingga kita akan belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebaliknya, kalau kita tidak memiliki motivasi untuk belajar, pasti akan kesulitan untuk belajar dengan serius.

Maka dari itu, motivasi sangat penting dan harus dimiliki dalam setiap proses belajar. Karena motivasi bisa meningkatkan semangat belajar seseorang, bahkan di saat seseorang itu merasakan lelah dan jenuh.

Pasti kita sebenarnya masih bertanya-tanya apa sih motivasi itu ? Kok bisa menumbuhkan semangat belajar seseorang? Terus, gimana cara meningkatkan semangat belajar?

Apa itu Motivasi Belajar ?

Motivasi belajar yaitu kekuatan dalam diri seseorang yang memicunya untuk mengerti dan memahami sesuatu. Kehadiran motivasi belajar ini dibutuhkan agar orang tersebut dapat mempelajari sesuatu secara sungguh-sungguh.

Adapun faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah kebutuhan dan keinginan setiap orang untuk dilakukan dalam proses pembelajaran.

Pada intinya, Kita perlu meningkatkan motivasi ini agar bisa mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Beberapa motivasi agar belajar tidak brgitu bosan :             

  1. Tentukan Target Belajar yang Memotivasi. Meskipun terdengar sederhana, menentukan target belajar dapat menumbuhkan motivasi diri. Sebagai permulaan, sisihkan waktu sekitar 30 menit atau satu jam untuk mempelajari bagian tertentu setiap harinya. Dengan menerapkan kebiasaan ini, kamu pun akan termotivasi untuk mengejar target belajar yang kamu buat. Selain menentukan target dan langkah kecil dalam memenuhi target tersebut, usahakan agar selalu berpikir positif agar mental juga semakin kuat.
  2. Buat Jadwal Belajar. Dengan mengetahui target yang kita butuhkan, maka kita akan mengetahui apa yang hendak dipersiapkan. Buat jadwal belajar yang lebih rinci, dan detail. Tentukan agenda belajar yang berisi daftar atau pelajaran yang hendak dipelajari dan tentukan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari subjek tersebut. Setelah itu buat agenda harian, mingguan ataupun bulanan.
  3. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman. Meskipun terlihat sederhana, menciptakan suasana yang nyaman ternyata juga merupakan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar. Setiap orang memiliki cara berbeda untuk membuat suasana belajar yang nyaman. Namun, umumnya hal ini dilakukan dengan cara menyiapkan benda-benda yang mendukung kelancaran proses belajar.
  4. Istirahat Sejenak saat Belajar. Cara meningkatkan motivasi belajar yang berikutnya adalah dengan beristirahat sejenak. Istirahat sejenak bisa membantu kita. Istirahat sejenak dapat meningkatkan energi, produktivitas, hingga kemampuan kita untuk fokus kembali. Adapun beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan dengan waktu istirahat yang terbatas sebagai berikut : Peregangan otot yang sangat penting karena otot bisa menambahkan semangat untuk belajar seperti, Regangkan leher, punggung, lengan dan kaki. Siapkan Cemilan kesukaan sendiri, Menyiapkan cemilan ini untuk membantu menjaga mood kita dan mengurangi penyakit asam lambung karena tidak makan. Pindah tempat ketika sudah bosan, coba untuk Bangun dari tempat duduk dan jalan-jalan untuk berpindah tempat dan mengganti suasana.
  5. Atur waktu belajar. Atur waktu kita dalam segala kegiatan yang akan dilakukan. Mengatur waktu ini akan menjadikan diri kita untuk disiplin. Maka dari itu buatlah jadwal agar anda tidak terbawa emosi dengan perasaan hati anda. Jika anda melihat jadwal anda belajar maka lakukanlah, tetapi bukan berati anda harus benar-benar ketat dengan diri anda sendiri. Jika kita lelah bisa beristirahat terlebih dahulu. Jika jadwal kita bermain gunakan waktunya untuk bermain. Jika jadwal kita untuk makan gunakan waktunya makan. Dengan mengatur waktu belajar maka kita akan fokus dengan belajar anda, karena waktu bermain, makan, belajar atau yang lain telah terpisah-pisah dengan baik.

Referensi:

http://smkn1binuang.sch.id/blog/10-cara-memotivasi-diri-sendiri-untuk-rajin-belajar/

https://www.smkpgrisukodadi.sch.id/berita/detail/158252/15-cara-meningkatkan-semangat-belajar/
https://satupersen.net/blog/motivasi-belajar-meningkatkan-semangat-belajar
WeCreativez WhatsApp Support
Admin Kami akan menjawab semua pertanyaan anda. Silahkan Tanya.